Kita telah mengenal 3 macam Konstruksi jalan yaitu Jalan Beton Ready Mix,Jalan Aspalt,dan jalan Paving.
Kontruksi mana yang terbaik?Jawabannya adalh relatif,sebab ketiga jenis jalan tersebut mempunyai karakteristik yang berbeda-beda srta punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Diartikel kali ini kami yang bergerak di bidang Jasa Pekerjaan Pengaspalan Hotmix hendak mengenalkan lebih dekat struktur jalan & perlengkapannya.
Struktur jalan berkualitas terdiri:
- Badan Jalan
- Saluran samping
- Gorong-gorong
- Perlengkapan jalan.
Yang di maksud badan jalan termasuk Tubuh,Perkerasan dan Bahu Jalan.
Tubuh jalan adalah bagian yang mendukung bahu dan perkerasan jalan.
Perkerasan jalan terdiri:
1. Lapisan pondasi bawah (Sub Basecourse) yang meneruskan beban ketanah alas serta sebagai penahan agar butiran tanah tidak naik ke lapisan muka.
2. Lapisan pondasi (Basecourse)
Bisa terdiri dari bermacam-macam lapis,berfungsi memikul beban roda kendaraan dan meneruskannya ke lapisan pondasi
3.Lapisan Aus ( jasa pengaspalan, cor beton )
merupakan lapisan yang menerima beban langsung dari roda kendaraan ,sebagai pelindung lapis pondasi dan mencegah air masuk ke Pondasi,lapis aus berupa Aspal atau beton Ready Mix
Saluran samping
Semua bentuk Jalan terutama jalan Asphatl harus mempunyai selokan untuk menampung hujan dari permukaan,lalu mengalirkannya ke sungai.Selokan samping bisa berbentuk pasangan U-Ditch,pasangan Batu kali,Buis beton dll.
Gorong-gorong
Gorong-gorong merupakan selokan berbentuk tabung yang ditanam melintang dibawah tubuh jalan,fungsinya mengalirkan air menyebrang dibawah jalan.
Perlengkapan Jalan
Dalam PP No.34 pasal 22 menerangkan bahwa jalan kudu dilengkapi bersama kelengkapannya,Kelengkapan itu diantaranya :
Rambu-rambu jalan,Patok Km dan Hm,Marka Jalan,Lampu penerangan,Papan penunjuk
Kontruksi Aspal dengan sistem Telfrod
Konstrksi Telfrod memangfaatkan Material batu pecah/Limstone berukuran 10/15 dan 15/20 disusun berdiri berdesakan bersama batu kecil,mengisi celah-celah diatanya sehingga rata,kemudian digilas mesin giling sampai padat,pemasangannya menggunakn tangan manusia,kontruksi jalan tersebut dinamakan Onderlaagh.
Sistem telfrod banyak di mamfaatkan di Indonesia oleh jasa aspal Hotmix khususnya diperkerasan aspal
Ketentuan umum konstruks telfrod.
- ➼ Lebar minimal 2,5m - 3,0m
- ➼ Untuk struktur tanah keras tebal konstrusi 15cm,tepi 15-20cm,batu kunci 3-5cm
- ➼ Untuk tanah sedang tebalnya 20cm,batu tepi 20-30cm,pengunci 5-7cm
- ➼ Setelah selesai pemasangan batu pengunci kemudian dipadatkan menggunakaan mesin gilas.
- ➼ Lapis pengisi dg cara menghamparkan sirtu tebal 3cm,dimasukan kedalam sela-sela batu
- pokok,sesudah semuanya terisi kemudian di padatkan lagi memakai mesin giling.
- ➼ di bahu jalan perlu dibuatkan sub drainese yang berguna untuk membuang air dibawah perkerasan
- ➼ Saluran Drainese dibuat bentuk trapesium dg ukuran atas 50cm dalam 50cm dasar 30cm
Demikian arikel singkat ini semoga bermanfaat.
VIDEO MATERI KONSTUKSI JALAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar